Friday 1 May 2015

Tipe Guru yang Ada di Indonesia


Siapa yang tidak kenal sosok yang satu ini, dia adalah seorang guru. di jepang dikenal dengan nama sensei, di amerika dikenal dengan sebutan teacher, di Malaysia upin dan ipin menyebutnya cikgu, dan di Indonesia sendiri biasa disebut sebagai guru. Apapun sebutannya guru tetaplah seorang tenaga pengajar yang punya kelebihan dan kekurangan masing masing. di Indonesia sendiri ada banyak tipe guru.
berikut tipe-tipe guru yang ada di Indonesia


1. Guru yang membenci semua siswa di kelas
Guru ini pas masuk kelas sampai keluar, kerjaannya marah-marah terus. Guru ini tidak pernah tersenyum apalagi bercanda di dalam kelas.
2. Guru yang selalu memberikan banyak tugas
Pas masuk kelas, biasanya guru ini akan membacakan banyak soal yang harus segera dikerjakan oleh murid-muridnya. Namun, tak hanya pas masuk kelas, ketika mau keluar pun guru ini akan memberikan banyak tugas untuk dikerjakan di rumah.
3. Guru yang tidak mempedulikan pekerjaannya
Biasanya guru ini masuk ke kelas dengan mengenakan pakaian seadanya, penampilannya sangat tidak meyakinkan sebagai seorang guru yang harus terlihat lebih rapi di depan siswa-siswanya
4. Guru yang membosankan
Guru ini pas masuk kelas hanya membacakan materi dan menyuruh kita menulisnya. Meskipun kita bisa akal-akali dengan hanya mendengarkannya saja, namun hal ini sangat membosankan karena pas masuk kelas sampai keluar hanya dia yang terus bicara.
5. Guru yang menyenangkan
Nah, guru ini adalah favorit para siswa. Ketika dia masuk kelas biasanya dia akan disambut baik oleh siswa-siswa. Siswa yang tidur tadi pas pelajaran yang dibawakan oleh guru yang membosankan akan terbangun ketika guru ini masuk ke kelas. Dari masuk kelas sampai keluar, para siswa terus semangat.
6. Tipe agresif
Disuruh kerjakan soal di papan tulis adalah mimpi buruk siswa-siswa yang malas dan bodoh. Apalagi yang nyuruh itu adalah tipe guru yang agresif. Saat salah mengerjakan soal di papan tulis biasanya guru ini akan memukul kita. Tidak hanya rasa sakit yang kita rasakan, rasa malu pun harus ditanggung.
7. tipe yang suka menceritakan pengalamannya sendiri

“Waktu dulu saya masih mahasiswa, saya diutus oleh kampusku dalam pertukaran pelajar di Inggris. Disana saya sering berjalan di sekitar menara Eifel”. Ini dia guru yang suka menceritakan pengalamannya di sela-sela proses belajar mengajar. Meskipun siswa-siswa tidak tahu kalau apa yang diceritakannnya benar atau salah. Namun, guru ini mampu membuat siswa-siswa menangis atau terharu dengan ceritanya.
8. Mahasiswa yang lagi praktek mengajar
Ini dia guru yang ditunggu oleh sebagian besar siswa di sekolahnya setiap tahun, mahasiswa yang lagi praktek mengajar tentunya akan membuat siswa rajin masuk kelas. Hal ini dikarenakan cara mereka memberika materi unik dan baru. Wajah yang cantik dan ganteng ditambah usia yang masih muda akan membuat mahasiswa betah di kelas ketika mereka masuk.
9. Guru lansia
Guru ini sering dianggap remeh oleh siswa-siswanya. Karena umur yang sudah tua biasanya ingatan mereka juga sudah mulai tiada. Ketika siswa diberikan tugas oleh guru ini, biasanya mereka tidak akan mengerjakannya karena mereka percaya, minggu depan guru ini akan lupa kalau pernah memberikan tugas kepada murid-muridnya.
10. Guru muda
Sama seperti guru yang menyenangkan dan mahasiswa yang lagi praktek mengajar, guru ini menjadi favorit siswa-siswa. Dengan umur muda  yang didalam dirinya masih tersimpan semangat yang membara akan membuat para siswa mendapat transfer semangat untuk mengikuti pelajaran.

No comments: